top of page
  • kurniawanreza193

Jenis-jenis aplikasi CRM




Jenis aplikasi CRM yang dapat digunakan adalah: pertama, operational CRM. Operational CRM adalah automasisasi proses bisnis yang terintegrasi, yang meliputi sebagai berikut. Pertama adalah customer touch point, contoh: BiNus Phone Service (BPS), student.binus.ac.id, kios informasi di Bina Nusantara. Kedua adalah customer facing systems, contoh: aplikasi yang digunakan oleh staff di layanan informasi di Bina Nusantara untuk menjawab pertanyaan mahasiswa. Tujuan utama dari operational CRM adalah memberikan pengalaman pelanggan yang akan memberikan nilai lebih kepada pelanggan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dan pelanggan yang puas secara terus menerus akan membawa arah menuju loyalitas pelanggan. Ketiga adalah analytical CRM. Analytical CRM adalah analisis data yang dihasilkan oleh operational CRM, meliputi aplikasi data mining. Tujuan utama dari analytical CRM adalah menggunakan data pelanggan sehingga perusahaan dapat selalu mengetahui apa yang dipikirkan oleh pelanggannya. Keempat adalah collaborative CRM. Collaborative CRM adalah aplikasi kolaborasi yang meliputi e-mail, personalized publishing, ecommunities, dan sejenisnya yang dirancang untuk interaksi antara perusahaan dengan pelanggan. Oleh karena itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membantu mempromosikan perusahaan secara digital.


Tujuan utama dari collaborative CRM adalah untuk menyemangati dan menyebarkan loyalitas pelanggan ke pelanggan-pelanggan lain yang masih belum berada di level pelanggan yang loyal serta menjadi tempat berhubungan antara pelanggan yang tersebar di mana-mana dengan perusahaan.


Tujuan utama dari collaborative CRM adalah untuk menyemangati dan menyebarkan loyalitas pelanggan ke pelanggan-pelanggan lain yang masih belum berada di level pelanggan yang loyal serta menjadi tempat berhubungan antara pelanggan yang tersebar di mana-mana dengan perusahaan.


Secara garis besar, alasan-alasan utama mengapa perusahaan-perusahaan perlu untuk segera beralih ke teknologi e-CRM adalah karena teknologi e-CRM ini mengoptimalkan hubungan interaktif antara para pelanggan dan perusahaan; memungkinkan usaha kita untuk memperluas jangkauan personalized messaging nya hingga ke web dan e-mail; mengkoordinasikan prakarsa-prakarsa pemasaran di seluruh jalur yang berhubungan dengan pelanggan; menggunakan informasi mengenai pelanggan untuk melaksanakan e-Marketing dan e-Business yang lebih efektif serta memfokuskan usaha untuk memperbaiki hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan kontribusi tiap-tiap pelanggan terhadap perusahaan kita. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membuatkan websitenya.

1 view0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page